Rabu, 16 Januari 2019

Jelang Pemilu 2019, Napi Lapas Ciamis Jalani Perekaman e-KTP

Seorang napi penghuni Lapas Ciamis melaksanakan perekaman e-KTP. (Foto: Dadang Hermansyah)

Ciamis - Sebanyak 41 warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis menjalani perekaman KTP Elektronik (e-KTP) oleh Disdukcapil dan KPU Kabupaten Ciamis. Pendataan kepada napi ini berkaitan hak pilih saat Pemilu 2019.

"Perekaman ini kita lakukan bersama KPU Ciamis untuk sukseskan Pemilu 2019. Sekarang jumlah warga binaan yang direkam itu sebanyak 41 orang, yang belum terdata. Kita sisir nomor induk kependudukan (NIK) nya, dengan aplikasi SIAK, melalui rekam sidik jari," ujar Kepala Bidan Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Ciamis Rusli di sela-sela kegiatan cetak rekam e-KTP di Lapas Ciamis, Jawa Barat, Kamis (17/1/2019).

Baca juga: Baru 31% Napi Masuk DPT, Kemenkum HAM Kebut Pendataan e-KTP

Rusli mengatakan perekaman e-KTP di Lapas Ciamis ini berjalan lancar tanpa hambatan. Padahal biasanya, menurut dia, saat perekaman e-KTP jemput bola tersebut sering terjadi gangguan jaringan.

"Sehari bisa langsung selesai perekaman, untuk pencetakan nya mungkin hari Senin baru bisa. Mudah-mudahan pada waktunya nanti para warga binaan di Lapas Ciamis ini bisa menunaikan menyalurkan hak pilihnya," terang Rusli.

Komisioner KPU Ciamis Divisi Program dan Data Said Antanjani menjelaskan untuk di Lapas Kelas II B Ciamis ada dua tempat pemungutan suara (TPS). Tercatat jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) domisili Ciamis yakni TPS 069 sebanyak 15 orang, dan TPS 070 sebanyak 16 orang.

Baca juga: KPU Akan Bentuk TPS di Lapas-Rutan yang Jumlah Pemilihnya Cukup

Sedangkan daftar pemilih tambahan (DPTB) untuk TPS 069 sebanyak 158 orang dan TPS 070 terdata 156 orang. Berdasarkan data terakhir dari KPU, warga binaan yang perlu dilakukan perekaman sebanyak 13 orang, yang kini telah dilaksanakan.

"Memang data di Lapas itu sering berubah, daftar pemilih tetap saat ini pada hari H bisa saja berubah, karena kan ada yang keluar ada yang masuk. Juga biasanya ada mutasi antar lembaga," tutur Said .

e-ktp dpt pemilu 2019 lapas ciamis ciamis


1 komentar:

  1. Artikelnya sangat bagus. Terima kasih sudah membagikan info yang bermanfaat.

    Furniture Rotan

    BalasHapus