Sabtu, 27 Juni 2020

Fase New Normal, Malam Hari Jalan Dago-Braga Masih Ditutup

Petugas lakukan penutupan jalan 
Foto: Wisma Putra
Bandung - 

Penutupan jalan di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Bandung pada malam hari akan terus diberlakukan, meski memasuki adaptasi kebiasaan baru (AKB). Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Upaya kita untuk membatasi aktivitas masyarakat itu dengan cara kita tutup sejumlah ruas jalan. Kita mengharapkan masyarakat tidak berkumpul lagi," kata Bayu saat dihubungi, Sabtu (27/6/2020).

Seperti diketahui, Penutupan mulai diberlakukan pada pukul 21.00 WIB-06.00 WIB di empat ruas jalan, yakni Jalan Asia Afrika, Braga, Merdeka dan Ir H Djuanda sejak Rabu (26/6) malam. Kawasan itu dipilih karena masih banyak warga yang berkerumun pada malam hari dan abai melaksanakan protokol kesehatan.

"Malam minggu kemarin itu sampai jam 12 malam masih ramai. Di Asia Afrika itu masih ramai, di Braga masih ramai, termasuk di Dago dan Jalan Diponegoro, padahal pada saat PSBB jalan itu jam 8 sudah sepi," katanya.


Catur mengingatkan, meski masuk ke dalam fase new normal kewaspadaan harus tetap diketatkan. Pasalnya, pandemi masih berlangsung dan potensi penyebaran masih mungkin terjadi orang yang tanpa gejala.

"Walaupun sekarang ini AKB tapi masyarakat harus tetap waspada. Bukan berarti COVID-19 ini sudah tiada," katanya.

Menurutnya pihak kepolisian masih terus berencana melakukan penutupan tersebut setiap malam hari. Penutupan tersebut, bakal ditiadakan apabila sudah ada evaluasi lebih lanjut dari pihak Pemerintah Kota Bandung tentang risiko penyebaran COVID-19.

"Sampai saat ini setiap malam ditutup, walaupun Pak Gubernur sudah menyampaikan bahwa PSBB Jawa Barat sudah tiada lagi. Tapi kita mungkin nanti ada peraturan baru dari Wali Kota juga terkait dengan kebiasaan baru ini," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar