Minggu, 03 Mei 2020

INFORMASI ZAKAT FITRAH THN 2020/1441 H

Bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah sudah berjalan lebih dari satu pekan. Di bulan ini sebagai umat Islam baik laki-laki maupun perempuan diwajibkan membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah zakat bagi masyarakat yang mampu. Namun tahukah kamu, berapa jumlah zakat yang harus diperbaiki dan kapan saja untuk pembayarannya.

Mantan Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta Zulfa Mustofa menjelaskan, zakat fitrah ditentukan dari makanan pokok sehari-hari. Dalam hal ini masyarakat Indonesia beras dengan jumlah 2,5 hingga 3,5 kilogram.

"Pertama yang dipakai patokan adalah makanan sehari-hari yang dia makan. Tentunya beras orang menengah ke atas berbeda dengan menengah ke bawah," kata Zulfa kepada kami, Sabtu (2/5/2020).

Zulfa menuturkan, setiap masyarakat harus tahu apa yang dimakan pokok yang akan diberikan untuk menghitung zakat yang akan diberikan. Berharap tidak menyamakan dengan patokan orang lain atau biasanya yang ada di masjid, dan musala yang menggunakan patokan umum.

Bahkan, kata dia, lebih bagus jika masyarakat membayar zakat lebih dari makanan pokok yang biasa dikonsumsi.

"Dalam agama bagusnya orang itu (membayar zakat) memang lebih dari standar yang diminta. Misal dia membeli beras 10 ribu per kilogram maka dia membeli harga di atas. Akan lebih baik jika dia memiliki kelebihan uang ditambah dengan sedekah di mana si penerima itu bisa ditambah lauk pauk atau uang, malah bukan malah hanya anjuran. Itu malah bagus, "tuturnya.

Untuk pembayaran zakat fitrah, kata Zulfa, bisa dilakukan sejak awal Ramadhan. Namun dalam aturan agama ada aturan wajib zakat fitrah yaitu saat malam takbiran Idul Fitri.

"Tapi dalam fiqih orang boleh menyegerakan zakat sebelum waktu wajib, biarkan dia sudah masuk waktu yang diizinkan zakat sebelum waktu wajib," katanya.

Lebih jauh Zulfa mengatakan, batas akhir pembayaran zakat fitrah adalah saat khotib naik ke atas mimbar untuk melakukan khotbah saat salat Idul Fitri.


"Kira-kira antara jam 7 pagi. Orang habis subuh masih bisa membayar zakat fitrah kecuali kompilasi dia mau memberi zakat fitrah kepada siapa pun, orangnya enggak ada, itu bisa diundur sampai orang itu datang," tuturnya.

yachyayusliha@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar